Sabtu, 13 November 2010

The Zone Diet

The Zone diet adalah diet yang dipopulerkan oleh Barry Sears, Ph.D. Dia menyebut diet ini rencana diet 40-30-30. Maksudnya komposisi nutrisi yang baik terdiri dari 40% karbohidrat, 30% lemak dan 30% protein. Dengan membuat menu makan setiap orang didasarkan pada banyaknya aktivitas dan persentase lemak tubuh, Sears dengan sangat scientific menyodorkan sistem 40-30-30 yang dibutuhkan oleh setiap orang, la pun menjelaskan bahwa semua makanan yang kita makan berada di dalam "block". Begitu Anda telah dapat menghitung kombinasi unik "block" Anda, maka setiap kali makan, makanan Anda harus sesuai dengan "block" tersebut. Dengan cara itu, maka tubuh akan menampilkan performa puncaknya atau mencapai the Zone.

The zone yang dimaksud oleh Sears adalah keadaan dimana hormon di dalam tubuh anda bekerja seimbang. Ketika level insulin seimbang, glikogen tidak terlalu tinggi atau rendah, maka zat kimia yang bersifat anti peradangan dilepaskan oleh tubuh. yang dapat membantu untuk meringankan peradangan tubuh.
Menurut Sears, tubuh manusia tidak bisa menyimpan lemak dan membakarnya dalam waktu yang bersamaan, oleh karena itu diperlukan waktu untuk merubah tubuh dari keadaan menyimpan menjadi membakar lemak dengan menggunakannya sebagai sumber energi.

Sears menyebut konsumsi lemak penting untuk membakar lemak. Lemak tak jenuh tunggal membuat seseorang
merasa kenyang dan mengurangi kecepatan karbohidrat diserap ke dalam darah. pengurangan kecepatan penyerapan karbohidrat berarti kadar insulin yang lebih rendah yang berarti kurangnya jumlah lemak yang tertampung dan terjadinya perubahan yang lebih cepat untuk membakar lemak. Jika seseorang tidak bisa membakar lemak karena kadar insulin mereka tinggi, orang tersebut akan merasa capek karena tubuh mereka kelaparan. Yang akhirnya akan meningkatkan keinginan untuk makan makanan yang manis-manis.
Sears mendeskripsikan agar anda makan protein sebanyak telapak tangan anda, sebanyak mungkin sayuran yang bisa anda makan untuk memperoleh vitaminnya, karbohidrat yang cukup dan cukup lemak tak jenuh tunggal untuk mengurangi perasaan lapar.

Kelebihan
Kurangnya rasa lapar yang disebabkan oleh tingginya jumlah insulin, mengurangi nafsu makan dan menyeimbangkan hormon anda.

Tantangannya
Anda bisa menjadi tidak sabar dengan pola diet ini karena penurunan berat yang terjadi tidak signifikan walaupun dalam jangka waktu yang relatif lama. ada beberapa sumber yang menyebutkab bahwa the zone diet ini lebih menuju ke arah mengontrol nafsu makan daripada menurunkan berat badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar