Minggu, 07 November 2010

South Beach Diet

South Beach Diet
South beach diet adalah metode diet yang dimulai di Miami, Florida oleh kardiologist atau dokter jantung bernama Arthur Agatston yang menekankan konsumsi karbohidrat baik dan lemak baik. Dr. Agatston mengembangkan diet ini semula untuk program pengaturan makan bagi pasiennya untuk mengurangi resiko penyakit jantung.
Dr. Agatston percaya bahwa konsumsi yang disebut karbohidrat jelek, yaitu karbohidrat yang sangat cepat diserap tubuh ditemukan didalam makanan yang mempunyai tingkat glikemik tinggi, membuat seseorang menjadi resistan terhadap insulin yang mengakibatkan insulin tidak dapat memproses lemak dan gula secara sempurna. Dr. Agatson juga percaya bahwa konsumsi lemak jelek berlebih seperti lemak jenuh dan lemak trans akan meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular.

Pola makan
Proses south beach diet secara umum dibagi menjadi tiga fase. Fase pertama adalah tahap yang paling ketat. Tahap ini berlangsung selama sekitar 2 minggu. Dalam fase pertama ini south beach diet akan berusaha menghilangkan kekebalan insulin Anda dengan membatasi Anda untuk makan hanya makanan yang memiliki tingkat glikemik yang rendah dan menghindari makanan seperti permen, roti, kentang, buah-buahan, sereal dan tepung. Di dalam fase ini Dr. Agatston mengatakan bahwa tubuh akan kembali normal dan mulai menggunakan lemak berlebih dalam tubuh. Proses ini akan menurunkan berat badan Anda sampai sekitar 6 kg dalam 2 minggu.

Fase I
Dalam dua minggu pertama Anda hanya boleh makan ukuran normal dari daging, ikan, sayuran, telur, keju dan kacang-kacangan. Anda makan tiga kali sehari ditambah dengan snack. Setelah melewati fase ini Anda tidak akan mendambakan gula lagi. Manfaat yang diperoleh adalah: mengakhiri keinginan untuk menyantap camilan bergula dan karbohidrat lainnya, memperbaiki kemampuan tubuh untuk memproses gula dan pati dengan baik. Mulai memperbaiki kadar gula dalam darah, insulin dan kolesterol dalam darah.

Yang tidak boleh dimakan: permen, cake, kue kering, es krim, gula, roti, nasi, kentang, pasta, buah, jus buah, bir, atau minuman beralkohol lainnya. Yang boleh dimakan: daging sapi tak berlemak, sirloin, tenderloin, dada ayam, dada kalkun, ikan dan kerang, sejumlah besar sayur, telur, keju dan yoghurt rendah lemak, kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak canola, minyak kacang tanah, teh dan kopi tanpa gula

Fase II
Di dalam fase dua ini lama yang diperlukan adalah sampai tubuh kita mencapai berat ideal, jika kita melanggar dan berat badan naik lagi, diperbolehkan untuk kembali ke fase 1 untuk sementara. Di dalam fase dua ini mulai diperbolehkan untuk mengkonsumsi karbohidrat bagus seperti nasi merah, gandum dan buah.
Manfaat: terus memperbaiki kadar kolesterol dengan cara meningkatkan kadar kolesterl bagus HDL dan menurunkan kolesterol jelek LDL dan trigliserida serta dengan meningkatkan ukuran partikel LDL. Juga, tubuh kita akan bisa dengan baik memproses karbohidrat yang dimakan karena kita menyantap karbohidrat bagus dan dalam jumlah yang benar.
Makanan tambahan yang diperbolehkan: karbohidrat bagus yang dipilih dengan bijak dan dalam porsi sedang, misalnya nasi merah, pasta dan roti gandum, sereal kaya serat, buah seperti beri dan melon. Coklat hitam.

Fase III
Fase 3 adalah fase yang dilakukan seumur hidup, jika berat badan mulai naik, diperbolehkan untuk kembali ke dalam fase 1. Tujuan dari fase 3 ini adalah mempertahankan berat badan yang sudah dimiliki.
Manfaat: menjaga agar resiko terserang diabetes dan penyakit jantung tetap rendah.
Makanan tambahan yang diperbolehkan: makanan biasa dalam porsi yang wajar, serta sambil mengingat beberapa aturan pokok south beach diet.

Kelebihan
Dengan diet ini Anda pada akhirnya bisa makan sesuai dengan selera Anda dan mempertahankan berat Anda, Anda tidak akan mendapat efek yoyo yaitu berat badan yang naik turun, kelebihan yang lain adalah singkatnya waktu yang dibutuhkan untuk fase pertama, dan fase kedua pun akan lebih mudah untuk dilakukan setelah melalui fase pertama. Di dalam fase ke tiga Anda sudah bisa makan makanan favorit Anda dengan porsi normal.
Diet ini dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, resiko serangan jantung, kanker dan penyakit kronis lainnya. Hal ini dikarenakan karena diet ini kaya akan minyak ikan, serat dan antioksidan.

Tantangannya
Anda terlalu senang dengan penurunan berat yang terjadi di dalam fase pertama sehingga memutuskan untuk memperpanjang fase pertama, lalu Anda mulai bosan dan mulai makan makanan curang seperti permen, coklat manis, susu, kripik dan lain-lain, Anda juga dapat gagal karena kesulitan untuk menuruti diet ketat pada fase pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar