Sabtu, 06 November 2010

Beberapa Istilah Pada JAVA

1. Class
Class merupakan suatu “blueprint” atau “cetakan” untuk menciptakan suatu instant dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain, Class itu bisa dikatakan sebagai kategori, Class juga bisa diilustrasikan atau diumpamakan dengan makhluk hidup. Singkatnya class adalah template untuk penciptaan objek-objek
Contoh : Class person, vehicle, fruit, animal dll. Misalkan hewan mamalia yaitu kucing. Didalam ilmu biologi, kucing tergolong dalam class hewan pemakan daging atau karnivora dan tentunya mempunyai bentuk atau konsep.


2. Object
Object merupakan instant dari class yang unik dengan attibutes, behaviour, dan identitas. Contoh : Dari Class fruit kita dapat membuat object mangga, pisang, apel, dll.


3. Instantiate
Instantiation adalah proses pembuatan obyek spesifik yang merupakan anggota atau instan dari kelas. Instance adalah sebuah object yang dibuat oleh sebuah class Instantiation adalah pembuatan instance


4. Instance Variables (tidak statis).
Dalam bahasa pemrograman berorientasi objek, objek menyimpan variabel yang tidak dideklarasikan dengan kata kunci static dalam kategori non-statis, atau dapat berubah-ubah. Suatu kelas dapat dijelmakan ke dalam beberapa objek. Nilai yang terkandung dalam variabel tak-statis ini berbeda untuk setiap objeknya. adalah atribut untuk tiap obyek dari class yang sama. Instance variable adalah variabel yang memiliki nilai yang berbeda di setiap objek Instance Variable, adalah atribut untuk tiap objek dari class yang sama. Jadi, objek-objek di dalam sebuah class kemungkinan mempunyai nilai (value) yang berbeda karena atribut diberikan kepada masing-masing objek.


5. Instance method
Secara singkat instance method adalah methodnya object yaitu method yang hanya bisa dibaca setelah class tersebut diturunkan ke object. Instance method adalah method yang ditakrifkan untuk sesuatu instance (objek suatu kelas) Instance Method bisa dikatakan juga sebagai fungsi yg beroperasi pada objek untuk memanipulasi state objek lewat pesan yg diterima dari obek lain


6. Class Variables (statis).
Variabel ini merupakan bagian integral dari suatu kelas, dan tidak ada satu objek pun yang dapat menyatakan kepemilikan atas variabel ini. Variabel yang dideklarasikan sebagai statis digunakan bersama oleh semua objek. Variabel ini lebih bersifat global yang nilainya sama untuk setiap objek pada kelas yang bersangkutan.


7. Constuctor
Dalam konsep OOP, constructor adalah suatu method yang digunakan untuk membuat suatu object dari suatu class. Dalam Java, constructor dideklarasikan sama dengan nama class yang bersangkutan . Constructor diakses dengan menggunakan keyword new.] Contoh:
public class Bike {publicBike() {
what to do when creating an object
}
Public static void main (Strng args[]) {
Bike obj=new Bike();
}
}

3 komentar: