Rabu, 17 November 2010

Atkins Diet

Diet yang populer disebut diet rendah karbohidrat ini diadopsi oleh Dr. Robert Atkins pada tahun 1960 setelah dia membaca Journal of the American Medical Associationdan digunakan untuk mengatasi problem berat badannya sendiri, setelah sukses dan juga merawat lebih dari 10.000 pasien yang obesitas. Dr. Atkins memperbaharui idenya dan memasarkan diet Atkins.

Diet atkins berdasar pada pengurangan faktor utama obesitas, yaitu konsumsi karbohidrat yang telah diproses secara berlebihan, khususnya gula, tepung dan sirup jagung berfruktosa tinggi. Dan menurut Atkins, lemak jenuh terlalu dianggap buruk dan merusak. Sehingga tidak perlu terlalu dimusuhi, tetapi atkins tetap melanggar trans fat atau lemak trans.

Dr. Atkins menekankan pembatasan jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh untuk membantu membakar lemak, yang sebelumnya hanya membakar glukosa.
Ada beberapa tahan pada diet atkins, yaitu tahap induksi, tahap penurunan berat badan, tahap pra-pengelolaan dan tahap pengelolaan berat badan seumur hidup.

Induksi
Pada masa induksi, diet atkins membatasi pengkonsumsian karbohidrat sebatas 20 gram per hari. Yang 12 – 15 gramnya berdasar dari salad atau sayuran lain. Makanan lain yang diperbolehkan termasuk semua jenis daging, ikan, kerang, dan telur sampai 4 ons sehari. Kafein juga boleh digunakan selama dalam jumlah wajar. Multivitamin harian juga dianjurkan.

Penurunan Berat Badan
Pada masa ini, disebut juga dengan ongoing weight loss atau OWL oleh Dr. Atkins. Menaikkan jumlah karbohidrat yang dikonsumsi, tetapi tetap pada level yang membiarkan tubuh mengalami penurunan berat badan. Tahap ini berlangsung selama Anda ingin menurunkan berat badan. Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi lemak baik seperti alpukat dan banyak sayuran dalam pola makan Anda sehari-hari.

Pra Pengelolaan
Pada tahap ini konsumsi karbohidrat dinaikkan lagi sehingga mencapai tahap dimana Anda bisa mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah maksimum yang tidak akan menimbulkan kenaikkan berat badan.

Tahap Pengelolaan
Pada tahap ini diet mengikuti selera orang yang bersangkutan, tetapi tetap menjalankan aturan-aturan dari atkins diet untuk mencegah kenaikkan berat badan.

Kelebihan
Diet ini memperbolehkan Anda untuk mengkonsumsi lemak sehingga Anda dapat makan makanan yang Anda sukai. Diet ini juga mengurangi resistensi insulin pada tubuh Anda sehingga dapat mencegah Anda terhadap diabetes. Tetapi terdapat juga beberapa kekurangan pada diet ini seperti kondisi capek dan letih yang disebabkan oleh tidak ada atau minimnya jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh.

Rintangannya
Ada beberapa hal yang dapat membuat Anda gagal dalam menjalankan diet ini, seperti rasa letih yang berlebih dan capek karena karbohidrat yang Anda konsumsi jumlahnya sangat sedikit juga terlalu banyaknya jumlah lemak jenuh yang Anda konsumsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar