Senin, 04 April 2011

Alpukat Dan Ibu Hamil

Asam folfat sebenarnya vitamin B9,bagian dari vitamin b kompleks,jenis vitamin yang larut air sehingga vitamin ini tidak bisa di simpan lama di dalam tubuh karena setelah di ambil tubuh di keluarkan lewat urine.vitamin ini dapat membantu tubuh memproduksi dan menjaga kesempurnaan DNA dan RNA bahan genetik tubuh. para ibu hamil di anjurkan untuk mengasup sumber asam folat dari buah segar dan sayur lalap karena sayur yang di masak 80 % kandungan asam folatnya hilang saat proses pemasakan.

Bikin Janin sehat

Buah yang paling kaya kandungan asam folatnya adalah alpukat.memang banyak yang beranggapan buah ini kandungan lemaknya tinggi bisa 20-30 kali lebih banyak dari pada buah2 an yang lain.namun lemak yang di kandung dalam alpukat adalah lemak baik,lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan menaikkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).
Bayi yang kekurangan asam folat bisa menderita gangguan jantung,bibir sumbing,cacat saluran kemih serta cacat anggota tubuh lainnya.kekurangan asam folat yang mempengaruhi pembentukan fungsi otak,saraf dan sumsum tulang ternyata dapat berakibat bayi yang di lahirkan cacat.
Kalo janin tidak memperoleh pasokan asam folat,dia akan mengambil dari cadangan sang ibu. hal ini akan berpengaruh buruk pada kesehatan ibu selain anemia, letih,lesu,insomnia(susah tidur),pelupa depresi serta rambut beruban. ibu terancam pula terkena kanker usus besar,payudara dan penkreas.
sebuah alpukat mengandung 114 mikrogram asam folat,jumlah ini cukup memenuhi 30% kebutuhan asam folat ibu hamil. kabutuhan asam folat yang di rekomendasikan bagi ibu hamil setiap harinya 600 mikrogram,ibu menyusui 500 mikrogram,serta perempuan dewasa 400 mikrogram.selain asam folat dan lemak alpukat mengandung serat yang mampu membantu mencegah sembelit yang sering di alami ibu hamil sedangkan kadar kalium membantu menyeimbangkan tekanan darah yang pada alpukat 2-3 kali lebih banyak dari pada pisang.
sumber bahan makanan yang mengandung asam folat yang lain adalah susu, pisang, jeruk, brokoli, tauge dan kacang2an termasuk tahu dan tempe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar