Rabu, 20 Oktober 2010

Dehidrasi

Olahraga yang berat yang menguras stamina atau latihan dengan intensitas yang sangat tinggi menyebabkan tubuh kita dapat mengalami apa yang disebut dengan dehidrasi. Dehidrasi menurut U.S National Institutes of Health’s MedlinePlus Medical Encyclopedia dapat diartikan sebagai suatu kondisi di mana tubuh kehilangan cairan tubuh dalam jumlah yang besar.
Aspek Biologis Dehidrasi
Menurut Bob Murray, Ph.D (founder dari Sports Science Insights), selama beraktivitas fisik, tubuh akan kehilangan keringat sebesar 0-2 liter/jam tergantung dari jenis olahraga yang dilakukan, lama dilakukannya olahraga tersebut, suhu lingkungan, dan genetik seseorang dalam laju produksi keringat. Laju produksi keringat yang tinggi sangat erat kaitannya dengan naiknya suhu di dalam tubuh, sehingga produksi keringat adalah salah satu cara untuk menormalkan suhu tubuh. Apabila keadaan ini berlangsung terus menerus tanpa suplai cairan dengan jumlah yang sama besarnya dengan cairan yang hilang, maka dapat menyebabkan kematian.
Beberapa penelitian yang dilakukan oleh tim dari American College of Sports Medicine menyatakan bahwa dehidrasi sebesar 1-2% per berat tubuh menyebabkan menurunnya kapasitas dan kemampuan seseorang dalam program latihannya bahkan atlet di dalam sebuah kompetisi. Hal itu juga sangat erat kaitannya dengan cedera yang dialami, contohnya kram otot yang disebabkan oleh hilangnya garam dan mineral yang terkandung pula dalam keringat. Peran garam dan mineral ini sangat penting sebagai senyawa penyeimbang dalam darah.
Fakta Keunggulan Sports Drink Dibanding Air Atau Minuman Lainnya
Berikut ini adalah beberapa keunggulan sports drink yang dikemukakan oleh Bob Murray, Ph.D:
1. Tidak sembarang minuman dapat disebut sebagai sports drink. Sports drink merupakan minuman yang benar-benar diformulasikan secara khusus untuk rehidrasi tubuh dalam waktu singkat agar performa seseorang dalam latihan kembali seperti sediakala.
2. Sifat organoleptik yaitu cita rasa yang dimiliki sports drink sangat penting agar dapat mengkonsumsi lebih banyak cairan untuk menggantikan cairan yang hilang sewaktu latihan
3. Sports drink mengandung sejumlah karbohidrat tertentu sebagai penyuplai energi. Karbohidrat ini diformulasikan sekitar 4-7% untuk mengoptimalkan penyerapan air ke dalam tiap sel tubuh.
4. Sports drink mengandung sejumlah garam dan mineral untuk memasok berbagai mineral seperti natrium, chloride, potasium, kalsium, dan magnesium yang hilang selama latihan.
Dehidrasi merupakan kondisi umum yang dapat berdampak besar terhadap kesehatan dan performa kita para fitness mania dan juga atlet yang memiliki durasi latihan yang sangat tinggi. Suplementasi yang tepat adalah salah satu cara yang terbukti efektif dalam membantu mencegah dehidrasi dan menjadikan performa latihan Anda menjadi maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar