Senin, 16 Mei 2011

Kesehatan Bagi Wanita

Sebagai wanita, beberapa ancaman penyakit yang ditimbulkan oleh gaya hidup yang kurang sehat mengintai kesehatan kita setiap saat. Wanita, secara nyata memiliki risiko menderita osteoporosis yang lebih besar daripada pria. Bahkan menurut catatan statistik, 2 dari 3 wanita berusia di atas 60 tahun menderita penyusutan kepadatan tulang secara signifikan.

Wanita juga memiliki komposisi lemak yang secara umum lebih tinggi daripada pria. Ini artinya wanita memiliki laju metabolisme yang lebih lambat pula bila dibandingkan dengan pria. Metabolisme yang lebih lambat berarti laju penumpukan lemak juga menjadi lebih cepat. Dan laju penumpukan lemak yang lebih cepat telah diasosiasikan dengan kondisi fisik yang dinamakan metabolic syndrome, keadaan di mana tubuh menghadapi potensi terserang penyakit diabetes mellitus, kolesterol tinggi, stroke, dan jantung koroner.

Wanita yang tidak rajin berolahraga, apalagi mengatur pola makannya akan menghadapi banyak risiko kesehatan pada usia yang relatif lebih muda pula. Kanker payudara dan kanker rahim adalah jenis kanker pembunuh wanita terbesar di berbagai negara. Dan ini adalah kenyataan yang mengerikan sekaligus menyakitkan. Betapa penyakit-penyakit tadi bisa dicegah asalkan wanita mau membuka diri untuk menjalani gaya hidup fitnes.



Manfaat Yang Nyata

Fitnes seperti yang telah diketahui oleh fitnesmania, adalah gaya hidup yang melibatkan unsur latihan (beban dan aerobik), pengaturan pola makan (diet), dan istirahat dalam kadar yang proporsional. Gaya hidup ini tidak mengenal batas usia dan jenis kelamin. Siapapun bisa menjalankannya dan mendapatkan manfaat darinya.

Beberapa manfaat yang setidaknya telah saya dapatkan dari menjalankan gaya hidup ini adalah rasa percaya diri yang lebih baik lagi. Pengalaman di ajang pemilihan Putri Indonesia merupakan pengalaman yang sangat positif untuk kepercayaan diri saya. Dengan menjalankan gaya hidup sehat ini, saya bahkan merasakan sense of achievement yang lengkap, di mana diri saya sendirilah yang harus saya taklukkan setiap kali saya berlatih dan menghadapi godaan makanan yang kurang menyehatkan.

Kulit juga terasa lebih kencang, halus dan sehat karena keringat yang membawa racun-racun di dalam tubuh keluar melalui pori-pori. Dampak negatif dari penggunaan kosmetik yang telah menjadi tuntutan profesi juga menjadi semakin minim. Kulit juga menjadi jauh lebih mudah untuk dirawat.

Kadar lemak tubuh yang telah berkurang juga ternyata membantu saya untuk membakar kalori lebih tinggi sepanjang hari. Selain manfaat visual tubuh yang lebih kencang dan postur yang terjaga baik, gaya hidup fitnes juga bisa membantu kita menghemat budget pakaian. Tidak perlu lagi kita harus membeli pakaian baru setiap kali perut dan pinggul membesar. Karena dengan badan yang lebih bagus, pakaian yang sederhana pun terlihat jauh lebih pas untuk penampilan yang baik.

Gaya hidup ini sedikit banyak menuntut kita untuk berlatih di pusat kebugaran. Dengan demikian, kita masuk ke dalam suatu lingkungan yang baru yang ternyata sangat saya syukuri pula. Selain mendapatkan banyak teman-teman baru, mereka juga menjadi sumber pengetahuan yang bisa dipercaya sekaligus inspirator untuk saling menyalurkan energi dan pikiran yang positif, jauh dari gaya hidup yang merusak kesehatan seperti narkoba, rokok, maupun alkohol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar